Teori Komunikasi Linear


Terdapat banyak sekali teori ilmu komunikasi yang telah dikemukakan para ahli komunikasi terdahulu. Diantaranya ada yang disebut dengan teori linear komunikasi, teori dua arah komunikasi, dan teori komunikasi berbasis media. Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud dengan ketiga istilah tersebut, berikut ringkasan penjelasan yang ditulis berdasarkan pengertian yang dipahami oleh penulis.

Teori komunikasi linear, dalam teori ini dijelaskan bahwa komunikasi sebagai proses linear , karena yang ditekankan adalah teknologi seperti radio dan telepon yang menjadi saluran untuk dilalui oleh informasi. Dalam teori ini juga seolah-olah menganggap bahwa pada terjadinya suatu komunikasi manusia hanya berperan sebagai pengirim atau penerima. Sehingga dalam teori ini elemen yang ada pada terjadinya suatu komunikasi hanya berpaku pada sumber (source), pesan (message), dan penerima (receiver). Teori komunikasi linear sering disebut dengan teori Shannon dan Weaver, karena teori ini berasal dari gagasan kedua orang tersebut. Awalnya Shannon lebih berfokus pada teori matematik dalam komunikasi permesinan, namun tahun 1949 bersama dengan Warren aver memulai penerapan teori tersebut pada proses komunikasi manusia (human cmmunication). Siklus komunikasi dari teori ini sebagai berikut, sumber informasi membuat sebuah pesan kemudian dirubah menjadi sinyal oleh transmitter agar sesuai dengan saluran yang akan digunakan sebagai media penyalur sinyal dari pemancar kepada penerima informasi.

Teori komunikasi dua arah, mudahnya, kita contohkan dengan medium komunikasi dua arah yang berbanding terbalik dengan medium komunikasi satu arah. Apabila dalam medium komunikasi satu arah segala bentuk content informasi yang ingin disampaikan sudah disediakan atau diatur oleh pihak-pihak media dan kita tidak mempunyai ruang untuk turut peran serta memproduksi, menaggapi dengan cepat dan hanya mempunyai pilihan untuk mengkonsumsi informasi yang telah disediakan, seperti contohnya televisi, dan koran, maka dalam komunikasi dua arah memiliki pengertian yang berlawanan. Yaitu dalam medium komunikasi dua arah kita diajak untuk berperan aktif menciptakan content dan mempublikasikannya agar dapat dikonsumsi oleh user lain. Contoh yang paling mudah dan sangat akrab dengan kalangan masyarakat saat ini adalah internet. Pada medium ini peluang untuk terjadinya komunikasi dua arah terbuka selebar-lebarnya. Kita sebagai user dapat ikut memproduksi sebuah informasi yang dikonsumsi oleh user lain dan terdapat ruang bagi user lain untuk memberikan feedbackdengan waktu yang ralatif singkat. Berdasarkan contoh-contoh tersebut diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa komunikasi dua arah yaitu komunikasi yang terjalin antara pihak satu dan pihak yang lain yang keduanya sama-sama mempunyai peluang untuk memberikan sumbangsih content informasi yang ingin disampaikan.

Teori komunikasi berbasis media, dalam teori ini bisa dijelaskan bahwa media mempunyai peran penting dalam proses komunikasi. Secara historis, komunikasi berbasis media mulai dilakukan setelah terjadinya revolusi industri sekitar awal abad 20-an, dimana saat itu sudah mulai muncul alat-alat yang bisa dijadikan media untuk berkomunikasi. Bisa kita simpulkan juga bahwa komunikasi berbasis media adalah komunikasi yang terjalin setelah masa revolusi industri atau komunikasi modern yang menggunakan alat sebagai media dalam berkomunikasi. Dan bisa kita katakan bahwa komunikasi yang terjadi sebelum revolusi industri sebagai komunikasi tradisional bahkan bisa disebut primitif, karena masih harus dilakukan secara face to facedan tidak praktis.

About these ads

3 responses to “Teori Komunikasi Linear

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s