Analisis Blind Side dalam Pendekatan Komunikasi Antar Persona


Berikut merupakan analisis dari film The Blind Side berdasarkan teori-teori yang terdapat dalam materi Komunikasi Antar Persona :

1) Daerah Tersembunyi (hidden area) Johari Window.

Dalam film tersebut menceritakan bahwa hal-hal yang berhubungan dengan kisah masa lalu Mike hanya dirinya sendiri yang mengetahui dan hal tersebut tidak untuk disebarkan ke orang lain. Hal ini merupakan daerah tersembunyi dari Mike.

2) Self Disclosure dan Menejemen Privasi Komunikasi

Mike merasa minder karena keadaannya yang tidak layak dan tidak sama seperti masyarakat pada umumnya, akhirnya dia membatasi dirinya dalam bergaul maupun berinteraksi serta menceritakan hal-hal tentang kehidupannya (menejemen privasi komunikasi). Dia tidak mengizinkan dirinya untuk melakukan keterbukaan diri (self disclodure) pada orang lain.

3) Teori Pertukaran Sosial

Awalnya Mike tidak bersikap ramah dengan Ny. Tuohy, namun setelah Ny. Tuohy menunjukkan sikap baiknya dan memberinya tempat untuk menginap bahkan akhirnya sampai akrab dan dianggap sebagai anggota keluarga, sikap Mike pun berubah dan membalas apa yang telah diberikan oleh keluarga Ny. Tuohy dengan jiwa melindunginya yang tinggi (saat kecelakaan dengan putra bungsu Ny. Tuohy) dan dengan prestasi yang membuat bangga keluarga Ny. Tuohy serta mengikuti jejak keluarga Ny. Tuohy untuk memilih universitas yang sama denganya dan suaminya. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ny. Tuohy member ganjaran kepada Mike, dan Mike membalas dengan ganjaran yang lain sehingga hubungan terus terjalin karena terjadi pertukaran social yang seimbang.

4) Teori Penetrasi Sosial

Mike dan keluarga Ny. Tuohy yang tadinya tidak saling mengenal, namun karena mereka banyak menghabiskan waktu bersama dan ditempat yang sama akhirnya terjalin sebuah hubungan yang semakin lama semakin akrab bahkan sampai timbul rasa saling memiliki sebagai keluarga. Karena pada dasarnya banyak hal yang kemudian akan terkuak atau terkelupas layaknya lapisan bawang antara satu orang dengan orang lain seiring berjalannya waktu yang menjadikan mereka bertambah keakrabannya.

5) Perusakan Hubungan

Mike dan komunitas bergaulnya dilingkungan perumahan yang dulu pernah dia tinggali mengalami perusakan hubungan karena Mike merasa biaya yang harus dikeluarkan tidak seimbang dengan ganjaran yang dia dapatkan dari mereka, sehingga Mike merasa tidak harus meneruskan hubungan dengan komunitas tersebut.

Pada hakikatnya seluruh teori yang dipelajari dalam materi Komunikasi Antar Pesona ini sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, karena memang teori ini dibuat berdasarkan segala fenomena yang terjadi dalam kehidupan kita sebenarnya. Dengan kita mempelajari teori-teori tersebut membuat kita lebih aware pada segala hal yang kita jumpai setiap harinya.

 

REFERENSI :

Catatan pribadi materi kuliah Komunikasi Antar Persona

Catatan pribadi materi kuliah Teori dan Perspektif Komunikasi

Devito, Joseph A., 1997, Komunikasi Antar Manusia, Jakarta : Professional Books

 

About these ads

2 responses to “Analisis Blind Side dalam Pendekatan Komunikasi Antar Persona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s