Skenario ‘Film Bodoh’ utk Tugas KAP


  • Tokoh dan Watak
  1. Erni : seorang yang sangat clapto
  2. Luti : gadis yang berlogat Jawa dengan gaya berbicara terbata-bata (gagap)
  3. Wulan : seorang remaja yang pendengarannya terganggu alias bolot dan pelupa
  4. Opi : seorang wanita yang sangat lambat dalam berfikir alias lemot
  5. Vivi : seorang mahasiswa yang cupu dalam berdandan, buta dengan fashion dan sangat gemar membaca buku (kutu buku)
  6. Mitha : seorang yang sangat sentimen kepada semua orang. Kerjaannya selalu marah-marah (sensitif)
  • Dialog

Scene 1 di jalan menuju kampus

Erni, opi, wulan, luti sedang berjalan bersama menuju kampus sambil ngobrol. lalu dari belakang vivi yang sedang naek sepeda dengan kecepatan tinggi lalu menglakson Erni, opi, wulan dan luti supaya minggir.

Vivi : awas awas aku mau lewat (dengan suara keras dan mengklakson)

Opi, Erni dan Luti segera minggir.

Luti : Wulan awas minggir (dengan gaya bicara yang terbata-bata)

Namun wulan ga denger dan wulan pun di tabrak vivi, wulan dan  vivi terjatuh, mereka pun bertengkar di pinggir jalan. Binder dan tas wulan terjatuh

Wulan : adooooooooooh sakit bego! Encok dah nih pinggang gw! (sambil memegang pinggangnya)

Vivi : ih kamu berbicaranya kasar sekali. Aku kan sudah berteriak supaya kamu semua minggir dan aku juga sudah membunyikan klakson sepedaku (dengan sedikit menangis dan muka yang melas)

Wulan : hah lo ngomong apa sih? Bukannya teriak trus bunyiin klakson malah nangis. Sakit nih pinggang gw gara-gara lo! (nada membentak)

Luti dan Opi nyamperin wulan dan vivi sedangkan erni tetap di tempat sambil online facebook

Luti : wulan dia tuh sudah memberitahu kita supaya minggir tapi kamunya aja yang ga denger (dengan bahasa terbata-bata)

Wulan : ih gw ga denger tau, lagian lo bukannya bilangin gw sih jadi sakit dah nih pinggang gw

Opi : kalian kenapa sih? Ada apa sih ini? Ko ribut? Ko vivi nangis? Ko wulan kesakitan?

Wulan : au ah pi lemot banget lo jadi manusia

Vivi : tadi aku menabrak wulan sehingga wulan terjatuh dan pinggangnya terkena stang sepedaku, padahal tadi aku sudah berteriak supaya wulan minggir namun wulan ga mendengarnya huhu (sambil agak menangis)

Opi : oh begitu yaudah kita masuk kampus aja yuk

Luti dan vivi ikut dengan Opi karena dosen kelas pertama sangat disiplin dan jika ada mahasiswa yang telat maka tidak boleh masuk. (rosita tagor-teori dan perspektif komunikasi)

Ketika luti, vivi dan opi masuk kampus erni yang tadinya asik online FB melihat tas wulan yang jatuh, erni yang seorang clapto pun langsung mengambil dan membuka tas wulan lalu mengambil uang yang ada di dompet wulan dan pura-pura mengembalikan tas itu ke wulan. (wulan sedang menunduk merintih kesakitan)

Erni : kamu kenapa wulan? Ini tas sama binder kamu  (dengan suara keras karena sudah tau bahwa wulan itu bolot)

Wulan : makasih ya erni J

Erni : Iya sama-sama

tiba-tiba ada mobil mitha di belakang wulan dan erni yang ingin masuk ke kampus. Mitha membunyikan klakson mobilnya berulang kali. Mitha pun membuka kaca jendela mobilnya.

Mitha : woi awas minggir gw mau lewat! (nada yang keras)

Karena takut dengan mitha erni pun langsung kabur masuk ke kampus. Wulan tetap di tempat sambil memegangi pinggangnya yang sakit. Mitha terus mengklakson wulan yang menghadang jalan mobil untuk lewat. Karena kesal kepada wulan yang ga mau bergeser, mitha pun keluar mobil dan memarahi wulan.

Mitha : heh lo tuh budeg apa bolot sih? Di klaksonin daritadi juga! Bikin gw emosi aja!

Wulan tetap menunduk dan merintih kesakitan. Wulan pun kaget ketika melihat di depannya ada mitha.

Wulan : waduh! (Dengan mimik muka yang sangat terkejut dan langsung bergegas lari)

Mitha : apa lo? Ngalangin jalan aja lo! Pergi sana!

Wulan pun mask kampus lalu mitha juga masuk mobil dan masuk kampus.

Scene 2 usai kelas pertama dan bergegas ke kantin untuk makan

Luti : hey makan yuk laper nih (dengan gaya bicara yang terbata-bata)

Wulan : haduh lapar gw, kita makan yuk

Opi : kalian laper ga? Makan yuk ke kantin

Vivi : kamu ini sama saja semuanya, wulan tuli sedangkan opi lemot huh menurut buku yang aku baca lebih baik kalian terapi saja dengan dokter yang ahli mengatasi penyakit kalian supaya tidak merepotkan orang haha

Luti, vivi, wulan dan opi tertawa namun….

Opi : kita ngetawain apa sih?

Luti : sudahlah lupakan saja, ayo kita ke kantin

Luti, vivi, wulan dan opi bergegas ke kantin. Dan setelah dapet tempat duduk mereka pesan dengan menelpon abang Jack di kantin penjual ayam kremes. Vivi yang menelpon dan memesan makanan (erni sambil datang dan wulan opi luti sibuk FBan)

Erni : hai semua gw gabung ya sama kalian J

vivi yang mewakili lainnya : oh iya tentu saja boleh, dengan senang hati J

Ketika menunggu makanan wulan dan luti ke kamar mandi untuk buang air kecil dan opi ke perpustakaan untuk mengembalikan buku pinjamannya. Di tempat makan itu hanya ada vivi dan erni. Vivi sangat konsen dengan buku bacaannya dan kesempatan itu di gunakan oleh erni untuk memulai aksinya. Tas opi yang menjadi incarannya. Erni pun beraksi mengambil uang yang ada di dompet opi (kasusnya sama seperti wulan). Vivi yang sangat konsen membaca sama sekali tidak berpaling pandangannya dari bukunya dan erni pun berhasil mengambil uang opi.

Scene 2

Slese kelas, luti ngajak makan ke wulan, opi nyamber ngajak makan juga, wulan ngajak mkan juga. Vi2 baca buku.

Scene 3

Mkan, udah pesen, erni dateng, mita dateng duduk deket kita. Pesenan opi sama kaya mita, waktu pesenan dateng mita minta duluan padahal opi dlu yg pesen, opi ga sadar, luti marah trus vi2 blg brdsarkan bku.  wulan+luti ke kamar mandi, vi2 konsen baca buku, opi maen hp erni maen laptop sambil lirak/I nyari barang wat diambil. Wulan dateng keilangan barang Tanya opi dy lemot lg. trus luti bilang yaudah barang gitu doang ko.

Scene 4

Besoknya, kerumah erni. Waktu Sholat, kacamata vi2 dilepas diambil sama erni diumpetin di kamar. Opi ga sholat trus ke kamar ngliat ada barang2 hasil klepto. Opi manggil semua, erni ditanya2in. erni minta maaf. Wulan marah2 diceramahin ma luti. Ahkirnya semua janji wat bantuin erni yar ga klepto lagi.

 

Analisis Blind Side dalam Pendekatan Komunikasi Antar Persona


Berikut merupakan analisis dari film The Blind Side berdasarkan teori-teori yang terdapat dalam materi Komunikasi Antar Persona :

1) Daerah Tersembunyi (hidden area) Johari Window.

Dalam film tersebut menceritakan bahwa hal-hal yang berhubungan dengan kisah masa lalu Mike hanya dirinya sendiri yang mengetahui dan hal tersebut tidak untuk disebarkan ke orang lain. Hal ini merupakan daerah tersembunyi dari Mike.

2) Self Disclosure dan Menejemen Privasi Komunikasi

Mike merasa minder karena keadaannya yang tidak layak dan tidak sama seperti masyarakat pada umumnya, akhirnya dia membatasi dirinya dalam bergaul maupun berinteraksi serta menceritakan hal-hal tentang kehidupannya (menejemen privasi komunikasi). Dia tidak mengizinkan dirinya untuk melakukan keterbukaan diri (self disclodure) pada orang lain.

3) Teori Pertukaran Sosial

Awalnya Mike tidak bersikap ramah dengan Ny. Tuohy, namun setelah Ny. Tuohy menunjukkan sikap baiknya dan memberinya tempat untuk menginap bahkan akhirnya sampai akrab dan dianggap sebagai anggota keluarga, sikap Mike pun berubah dan membalas apa yang telah diberikan oleh keluarga Ny. Tuohy dengan jiwa melindunginya yang tinggi (saat kecelakaan dengan putra bungsu Ny. Tuohy) dan dengan prestasi yang membuat bangga keluarga Ny. Tuohy serta mengikuti jejak keluarga Ny. Tuohy untuk memilih universitas yang sama denganya dan suaminya. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ny. Tuohy member ganjaran kepada Mike, dan Mike membalas dengan ganjaran yang lain sehingga hubungan terus terjalin karena terjadi pertukaran social yang seimbang.

4) Teori Penetrasi Sosial

Mike dan keluarga Ny. Tuohy yang tadinya tidak saling mengenal, namun karena mereka banyak menghabiskan waktu bersama dan ditempat yang sama akhirnya terjalin sebuah hubungan yang semakin lama semakin akrab bahkan sampai timbul rasa saling memiliki sebagai keluarga. Karena pada dasarnya banyak hal yang kemudian akan terkuak atau terkelupas layaknya lapisan bawang antara satu orang dengan orang lain seiring berjalannya waktu yang menjadikan mereka bertambah keakrabannya.

5) Perusakan Hubungan

Mike dan komunitas bergaulnya dilingkungan perumahan yang dulu pernah dia tinggali mengalami perusakan hubungan karena Mike merasa biaya yang harus dikeluarkan tidak seimbang dengan ganjaran yang dia dapatkan dari mereka, sehingga Mike merasa tidak harus meneruskan hubungan dengan komunitas tersebut.

Pada hakikatnya seluruh teori yang dipelajari dalam materi Komunikasi Antar Pesona ini sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, karena memang teori ini dibuat berdasarkan segala fenomena yang terjadi dalam kehidupan kita sebenarnya. Dengan kita mempelajari teori-teori tersebut membuat kita lebih aware pada segala hal yang kita jumpai setiap harinya.

 

REFERENSI :

Catatan pribadi materi kuliah Komunikasi Antar Persona

Catatan pribadi materi kuliah Teori dan Perspektif Komunikasi

Devito, Joseph A., 1997, Komunikasi Antar Manusia, Jakarta : Professional Books

 

Sepenggal dalam Blind Side


Seorang Big Mike laki-laki remaja dengan kulit hitam bisa dikatakan anak yang terbuang karena tidak pernah merasakan kasih sayang dan perhatian dari orang tua maupun keluarganya, dia juga tidak punya tempat tinggal serta apapun yang harusnya dia miliki untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Namun kemudian Ny. Tuohy dan suaminya mengangkat dia sebagai salah satu anggota keluarganya atau bisa disebut juga mereka menjadi wali resmi bagi Big Mike dan mengajaknya untuk tinggal bersama.

Dengan tinggal dirumah Ny. Tuohy, Big Mike mendapatkan segala apa yang tidak pernah ia dapat sebelumnya, tempat tinggal, kamar pribadi, ‘keluarga’, serta kasih sayang. Dia juga mendapat pendidikan yang layak bahkan kegiatan ekstra yaitu turut menjadi anggota salah satu tim olahraga di kotanya. Semua anggota keluarga Ny. Tuohy menerima dia dengan senang hati. Putri sulung Ny. Tuohy tidak pernah merasa takut karena ada orang asing berbeda ras dan warna kulit tinggal dirumahnya, dan tidak sekalipun dia  sakit hati dengan ledekan teman-temannya disekolah karena hal tersebut. Putra bungsu kecil dari Ny. Tuohy juga melakukan hal yang sama, dia justru menjadi teman akrab pertama yang Mike miliki. Sikap penerimaan yang baik oleh kedua anak Ny. Tuohy juga dibuktikan dengan mereka menganggap Mike seperti kakak mereka sendiri.

Dengan modal tubuh yang besar, jiwa melindungi yang tinggi serta latihan terus menerus Big Mike menjadi andalan dalam tim olahraganya tersebut dan berhasil membuat tim serta dirinya sendiri terkenal dan di kagumi banyak orang. Hal ini menjadikan banyak sekali pemimpin universitas yang berlomba-lomba mengambil hati Mike untuk mau masuk ke universitasnya tanpa biaya apapun atau beasiswa. Dibantu dengan guru lesnya, Mike mendapatkan nilai yang sangat bagus dan layak mendapatkan beasiswa. Namun setelah sampai saat dia harus memutuskan universitas mana yang akan dipilih, cobaan justru datang membuatnya bingung.

Seorang dari badan pengamat memintanya untuk menceritakan apakah dari pihak keluarga barunya pernah membujuk atau bahkan memaksa dia dalam memutuskan universitas mana yang akan dia pilih. Karena ternyata Ny. Tuohy dan suaminya merupakan anggota dari suatu badan di Universitasnya yang bekerja untuk mencari bibit-bibit anak jalanan yang berpotensi besar dalam bidang olahraga, mengurusnya dan melatihnya, setelah sukses dan menjadi orang terkenal kemudian diarahkan untuk masuk universitasnya tersebut yang akan menaikkan prestige dari universitas tersebut.

Mengetahui hal tersebut Mike marah karena merasai dibohongi dan dimanfaatkan kemudian Mike melarikan diri. Saat dia melarikan diri dari rumah Ny. Tuohy dan kembali ke daerah asalnya dia sempat berkelahi dengan teman-temannya sesama anak jalanan dulu karena mereka menghina keluarga Ny. Tuohy, saat itu Mike sadar kalau dia sudah benar-benar menganggap keluarga Ny. Tuohy adalah keluarganya sendiri bahkan Mike sampai merasa marah saat ada yang menghina keluarga tersebut.

Mike kemudian menghubungi Ny. Tuohy yang ternyata sedang khawatir dan sibuk mencarinya. Saat bertemu dengan Mike akhirnya Ny. Tuohy meminta maaf atas niat awal untuk memanfaatkannya, dan Ny. Tuohy memberitahu bahwa sekarang niat tersebut tidak akan pernah dia lanjutkan karena telah benar-benar menganggap Mike bagian dari keluarganya. Ny. Tuohy memberi kebebasan kepada Mike untuk memilih universitas manapun yang dia mau.

Namun akhirnya Mike memutuskan untuk memilih universitas yang sama dengan keluarga barunya tersebut dengan alasan bahwa dia ingin merasakan juga belajar ditempat yang sama dimana keluarganya pernah belajar ditempat itu.

Akhir cerita Mike benar-benar merasa beruntung mendapatkan keluarga yang sangat menyayanginya. Keluarga Ny. Tuohy juga merasa bahagia mendapatkan anggota keluarga baru yang membanggakan.

 

Sekilas tentang Komunikasi Antar Persona (KAP)


DEFINISI KAP

KAP => pengiriman dan penerimaan pesan yang dilakukan antara dua orang (lebih) dan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan terdapat kesempatan untuk melakukan umpan balik.

Encoding:menjelmakan/menginterpretasikan pesan/kode – decoding: penerima pesan

Tujuan/motif kom: a)penemuan diri; b)berhubungan; c)meyakinkan; d)bermain

JOHARI WINDOW

Tingkat keterbukaan dan tingkat kesadaran mengenai diri kita.

Dibagi 4 bagian         :

Open are Blind area
Hidden area Unknown area

 

 

TEORI-TEORI KAP

  1. 1. Teori Johari Window

Tingkat keterbukaan dan tingkat kesadaran mengenai diri kita.

2.  Teori Atribusi

Proses menyimpulkan motif, maksud dan karakteristik orang lain dengan melihat pada perilaku yang tampak. (atribusi kausalitas & kejujuran)

3. Teori Penetrasi Sosial

Membahas tentang bagaimana proses komunikasi interpersonal

4. Teori Perbandingan thdp Proses

Mengetahui pribadi komunikan dan perkembangan antarpribadi yang dia lakukan. Mengetahui apakah hubungan yang sedang dia lakukan tersebut asli atau semu.

5. Teori Pertukaran Sosial

Teori yang melihat sebuah hubungan antarpribadi sebagai suatu transaksi dagang, seperti adanya hubungan timbal balik antar kedua belah pihak (ganjaran, biaya, hasil/laba, tingkat perbandingan)

8 PRINSIP-PRINSIP KAP

1)       Kom merupakan paket isyarat

2)     Kom adalah proses penyesuaian

3)     Kom mencakup dimensi isi dan hubungan

4)     Kom melibatkan transaksi simetris dan komplementer

5)     Rangkaian komunikasi dipunktuasi

6)     Kom merupakan proses transaksional

7)      Kom tak terhindarkan

8)      Kom bersifat tak reversibel

PERSEPSI

ð  Proses dimana kita menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indera kita

[tanggapan atas stimulus yang kita rasakan]

 

TEORI PERTUKARAN SOSIAL


Teori yang melihat sebuah hubungan antarpribadi sebagai suatu transaksi dagang, seperti adanya hubungan timbal balik antar kedua belah pihak. Menurut Thibault dan Kelly, setiap individu secara sukarela memasuki dan tinggal dalam hubungan sosial hanya selama hubungan tersebut cukup memuaskan ditinjau dari segi ganjaran, biaya, laba, dan tingkat perbandingan (empat konsep pokok).

Ganjaran

Setiap akibat yang dinilai positif ang diperoleh seseorang dalam menjalin sebuah hubungan antarpribadi. Ganjaran ini dapat berupa materi, penerimaan sosial, atau dukungan terhadap nilai ang dipegangnya.

Biaya

Setiap akibat yang dinilai buruk atau negatif ang terjadi dalam menjalin sebuah hubungan. Dalam biaya, dapat berupa waktu, konflik, kecemasan dan keruntuhan harga diri.

Contoh:

Sari mempunai seorang teman yang pelit dan bodoh. Hanya karena untuk menjaga persahabatan antara Sari dan temannya itu tidak bubar, Sari sering membantu temanna itu. Ternyata, bantuan (biaya) yang Sari berikan lebih besar daripada timbal balik (ganjaran) yang diterima Sari. Berabrti dalam hal ini, Sari merasa dirugikan. Dalam artian, balasan atau timbal balik yang diterima Sari tidak sebanding dengan apa yang telah diberikan olehna kepada temannya itu. Dan Sari diperbolehkan untuk menjalin hubungan baru dengan orang lain.

Hasil atau laba

Dalam hal ini, seseorang akan menjalin hubungan dengan orang lain yang dirasa lebih menguntungkan daripada hubungan yang sebelumnya.

Tingkat perbandingan

Dapat diartikan sebagai ukuran baku atau tolak ukur atau standar, dimana ukuran baku tersebut digunakan sebagai kriteria dalam menilai hubungan individu pada waktu sekarang. Ukuran  baku ini dapat berupa pengalam individu pada masa lalu atau alternatif hubungan lain yang terbuka baginya.

Tiga teori membantu kualitas hubungan antarpribadi

1. Teori Transaksional

Hubungan antarpribadi akan berlangsung selama mengikuti kaidah transaksional, apakah masing-masing pihak memperoleh keuntungan atau malah merugi.

2. Teori Peran

Dalam pergaulan sosial itu sudah ada skenario yang disusun oleh masyarakat, yang mengatur apa dan bagaimana peran setiap orang dalam pergaulannya. Dalam hal ini, jika seseorang mematuhi skenario yang berlaku, mak hidupnya akan harmonis, dan begitu sebaliknya.

3. Teori Permainan

Menurut teori ini, manusia diklasifikasikan menjadi 3 bagian, yaitu anak-anak, dewasa, dan orang tua.  Anak-anak, masih belum mengerti tanggung jawab, dia akan menagis jika permintaannya tidak terpenuhi. Dewasa, lugas dan sadar akan tanggung jawab, sadar akibat dan sadar resiko. Sedangkan orang tua, selalu memaklumi kesalahan orang lain dan menyanyagi mereka.

Inti dari teori pembelanjaran sosial dan pertukaran sosial ini adalah perilaku seseorang hanya bisa dijelaskan oleh sesuatu yang bisa diamati, bukan oleh proses mentalistil (black-box). Semua teori yang dipengaruhi oelh perspektif ini menekankan hubungan langsung antara perilaku ang teramati dengan lingkungan. Pendekatan obyektif teori pertukaran sosial ada di pendekatan obyektif. Pendekatan ini disebut ‘obyektif’ berdasarkan pandangan bahwa obyek-obyek, perilaku-perilaku dan peristiwa-peristiwa eksis di suatu dunia ang dapat diamati oleh pancaindera, dapat diukur dan diramalkan. Teori pertukaran sosial beranggapan, orang berhubungan dengan orang lain karena mengharapkan sesuatu yang memenuhi kebutuhannya.