Analisis Pasar, Pembuatan, dan Keterampilan Multimedia


 

Setelah kita mengetahui tentang seluk beluk dari multimedia dari mulai software sampai hardware, kali ini kita akan sedikit mengulas tentang analisis pasar, dari mulai pembuatan oleh produsen sampai pendistribusian kepada konsumen.

Pada tim proyek dari industri multimedia, sebelum menciptakan dan mendistribusikan sesuatu yang akan diberikan kepada konsumen terlebih dahulu perlu diadakan identifikasi keterampilan khusus yang dimiliki para anggota tim proyek. Hal ini dimaksudkan guna memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara optimal, karena para anggota tim proyek bekerja sesuai dengan kemampuannya.

Selain itu, identifikasi keterampilan yang dibutuhkan dalam proyek juga perlu, termasuk didalamnya pengetahuan yang terperinci soal computer, teks, seni grafis, sound, dan video. Biasanya semua keterampilan tersebut tidak dipenuhi oleh satu atau dua orang saja, namun oleh gabungan dari para anggota tim proyek tersebut.

Tanggung jawab terhadap pengembangan keseluruhan pelaksanaan proyek serta operasi proyek setiap hari diberikan kepada manajer. Dalam usaha meningkatkan produktivitas dibutuhkan juga komunikasi yang bagus, hal ini tentu saja untuk menciptakan atmosfer proyek menjadi positif yang kemudian membantu para anggota untuk lebih bekerjasama.

Kemudian terdapat juga beberapa kategori keterampilan yang berkaitan dengan informasi dan interface dari suatu proyek multimedia, antara lain Desain Instruksional, Interface Designer yang merancang jalur navigasi dan konten peta pada layar yang membiarkan akses pengguna atau memodifikasi konten yang ada sebelumnya. Kemudian ada Information Designer Structure Content, Multimedia Writers yang biasanya menuliskan konten, menciptakan karakter, tindakan dan sudut pandang juga menciptakan interaktivitas identifikasi kategori  keterampilan multimedia.

Yang kemudian harus diperhatikan adalah mengenai multimedia video specialist. Dalam hal tersebut harus mengetahui dasar-dasar tentang pengambilan video yang bagus, dan ahrus benar-benar menguasai perangkat-perangkat yang digunakan untuk mengedit video. Multimedia video specialists juga harus memahami potensi dan keterbatasan media yang ada, termasuk didalamnya interaktivitas, bagaimana hal tersebut mempengaruhi video, dan bagaimana keterbatasan itu mempengaruhi produksi video itu sendiri.

Kemudian terdapat audio specialists design yang bertanggung jawab untuk mencari dan memilih music dan bakat yang sesuai, menyusun jadwal sesi rekaman, digitalisasi dan proses edit di computer.

Keterampilan khusus lain adalah programmer. Programmer biasa menggunakan software dengan sistem authoring atau bahasa pemrograman untuk mengintegrasikan elemen multimedia proyek menjadi satu kesatuan. Programmer juga perlu membangun ekstensi untuk suite authoring dan presentasi untuk memperluas kemampuan sistem. Disamping itu, produsen situs Web tidak hanya mengumpulkan koordinat set halaman untuk World Wide Web (www), tetapi juga terus berkoordinasi melakukan pembaruan dan perubahan.

 

2 responses to “Analisis Pasar, Pembuatan, dan Keterampilan Multimedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s