Autoring Hypermedia


 

Dalam pembahasan kali ini kita akan menekankan pada sistem authoring. Sistem authoring ini bisa kita sebut sebagai salah satu perangkat lunak yang terdapat dalam komputer. Fungsi dari sistem authoring ini cukup banyak, seperti membuat kemudian mengedit serta mengimport data, memasang data yang belum diolah ke dalam urutan pemutaran, dan menyediakan bahasa atau metode yang terstruktur untuk merespon input dari pengguna komputer.

Sistem authoring sendiri setidaknya terdapat tiga jenis yang berbeda yaitu sistem authoring yang berbasiskan kartu atau halaman. Dengan sistem ini elemen-elemen diorganisasikan sebagai halaman-halaman pada sebuah buku atau tumpukan kartu. Untuk piranti jenis ini paling tepat digunakan dengan elemen yang dapat dilihat secara individual, juga memungkinkan pengguna untuk men-link halaman-halaman yang telah diorganisasikan kedalam urutan yang teratur.

Jenis yang kedua dari sistem authoring adalah yang berbasiskan ikon, elemen-elemen multimedia dan pedoman interaksi diorganisasikan sebagai objek-objek dalam framework yang terstruktur. Sistem jenis ini mampu menampilkan grafik struktur proyek.

Jenis yang terakhir adalah sistem authoring berbasis waktu, dalam sistem ini elemen-elemen diorganisasikan di sepanjang time line. Sistem jenis ini akan sangat cocok saat digunakan pengguna dengan perintah yang memiliki awalan dan akhiran, serta memungkinkan pengguna memprogram dengan melompat-lompat ke lokasi manapun dalam sebuah urutan dengan cara menambah kontrol navigasi dan kontrol interaktif.

Sistem authoring juga memiliki sistem floecharting visual untuk mengilustrasikan struktur proyek yang dimiliki pengguna.

Peranti yang memiliki peran signifikan dalam sistem authoring adalah Macromedia Director. Peranti ini cukup powerful, kompleks, dan berfitur penuh. Peranti ini menyimpan elemen-elemen multimedia dalam cast-nya. Timeline-nya disebut Score, dan elemen yang ditempatkan dalam Score yang kemudian muncul pada stage, merupakan area presentasi visual. Salah satu contoh elemen pada score juga pada stage adalah sprite.

Sebagai keunikan, terdapat bahasa sendiri pada Scripting Director yaitu biasa disebut dengan Lingo.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s