Basic Software Tools


Setiap kita memiliki alat elektronik baru, alangkah lebih baiknya apabila kita betul-betul mengetahui fungsi dan cara pemakaiannya. Pengenalan lebih jauh tentang produk elektronik yang baru bisa melalui buku panduan, diskusi seputar produk di internet, ataupun dengan mengamati cara kerja dari produk tersebut. Karena setiap produk baru pasti terdapat peralatan software dasar yang baru dan perlu juga dipelajari. Alat dasar yang disusun untuk membentuk suatu proyek multimedia dalam sebuah produk elektronik biasanya berisi beberapa sistem dan aplikasi untuk mengedit teks, gambar, suara, dan video bergerak.

Text

Beberapa program yang umum digunakan dalam penanganan teks dalam proyek-proyek multimedia atau alat elektronik yaitu seperti aplikasi pengolah kata, Word processor yang sering digabungkan pada sebuah office suite yang mencakup program lain, kemudian ada OCR yang digunakan untuk menerima gambar, menganalisanya, dan akan dengan cepat merubahnya menjadi teks yang dapat diedit.

Gambar

Untuk penanganan gambar atau beberapa jenis grafis dan program-program animasi yang digunakan dalam proyek-proyek multimedia atau alat elektronik terdapat beberapa jenis piranti lunak, seperti aplikasi pengedit gambar yang bisa digunakan untuk memperindah gambar yang diterima ataupun membuat gambar sendiri. Aplikasi tersebut juga  biasanya merupakan sistem pendukung plug in. kemudian ada yang disebut dengan 3-D modeling, aplikasi ini cenderung lebih mudah untuk digunakan dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya, pun dapat meningkatkan hasil grafis.

Video

Sebagian besar video menggunakan aplikasi QuickTime untuk Macintosh dan Windows, atau Microsoft Video untuk Windows yang dikenal dengan AVI. Pada dasarnya sistem kerja dari keduanya hampir sama yaitu mengkoordinasikan streaming data dari disk ke memori untuk smooth video dan audio playback. Untuk QuickTime sendiri memiliki kelebihan yaitu mampu menyimpan hampir tak terbatas dari lagu dalam file media lebih dari 35 format, termasuk didalamya sebagian besar video, gambar, audio, animasi dan format MIDI.

Untuk beberapa aplikasi yang digunakan dalam penanganan video itu sendiri ada beberapa, diantaranya desktop editing yang bisa digunakan untuk mendigitalkan video, mengedit, menambahkan efek khusus, judul, trek campuran suara, dan menyimpan klip. Kemudian ada Image Compression Algorithm yang memungkinkan untuk pengiriman video dan audio pada Macintosh dan PC. Ada Lossy Scheme, kemudian Lossless Scheme untuk menyimpan data asli. Dan ada Screen grab serta Format Conversion.

Animasi

Animasi dan film video digital merupakan adegan grafis bitmap yang diputar dengan cepat. Animasi dapat pula dibuat dalam beberapa sistem authoring dengan menggerakkan objek atau sprite untuk mensimulasikan gerak. Piranti lunak untuk penanganan gambar seperti image editing dan 3-D Modeling juga memungkinkan untuk penanganan animasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s