Fauzi Bowo, Hitler Indonesia?


Awal November 2010 Fauzi Bowo mulai mengadakan sweeping anti rokok. Puluhan tahun lalu gerakan seperti ini pernah dilakukan oleh partai Nazi di Jerman. Hal ini membuat Fauzi Bowo seolah menjadi reinkarnasi dari pemimpin Nazi Adolf Hitler.

Foke, begitu beliau sering disebut, dirasa terlalu berlebihan dengan mengadakan sweeping larangan merokok pada tempat-tempat umum di Jakarta. Padahal sebelumnya beliau mengeluarkan Peraturan Gubernur mengenai kawasan dilarang merokok di Jakarta. Sehingga muncul kesan masyarakat bahwa beliau cenderung memaksakan kehendak, fasis dan diskriminatif seperti yang Hitler lakukan.

Sweeping dan beleid tersebut dilakukan untuk menghapuskan semua tempat khusus bagi perokok yang awalnya justru diadakan untuk melokalisir para perokok. Sweeping mulai dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di gedung-gedung tempat kerja, mal, hotel, dan restoran yang umumnya masih tersedia ruangan khusus perokok.

Yang menjadi sorotan saya adalah mengapa Fauzi Bowo terkesan lebih memprioritaskan urusan rokok daripada urusan sosial lain yang lebih penting seperti masalah kemacetan, dan banjir yang terus melanda Jakarta. Hal ini menimbulkan banyak persepsi negative dalam benak saya. Apalagi setelah saya mendengar bahwa Pemprov DKI Jakarta mengistimewakan Swisscontact Indonesia Foundation yaitu LSM asing yang menerima dana US$ 360 ribu atau sekitar Rp 3,2 miliar dari Bloomberg Initiative untuk program membebaskan Jakarta dari asap rokok, yang berkantor di Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Menurut saya beliau lebih seperti menciptakan atmosfer rezim Suharto kembali.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s