Feature : Pake Fixie, Peduli Lingkungan dengan Trendy


“Memang sih kesannya cuma ngikutin tren, tapi lumayanlah…itung-itung ngasih lahan lebih buat yang pengin parkir,” ujar Kharisma Creativani, mahasiswi jurusan desain Universitas Paramadina.

Begitu kira-kira tanggapan salah satu teman para anggota komunitas yang baru-baru ini muncul di lingkungan Universitas Paramadina, komunitas pengendara sepeda unik. Jenis sepeda yang digunakan kurir pos, koran, serta majalah di New York zaman dulu, Fixie.

Dengan berceloteh ria setiap harinya mereka memasuki gerbang Universitas Paramadina melewati lahan parkir kendaraan bermotor yang tidak begitu luas, menuju tempat parkir sepeda di bagian belakang kampus.

“awalnya juga gue enggak tau itu sepeda Fixie apaan, eh pas liat lucu. Gue tertarik akhirnya beli terus gabung ama mereka, ternyata asik juga.” Pengakuan polos pun terlontar oleh Prayoga Setiawan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi.

Dia juga menambahkan bahwa siapaun boleh bergabung dengan komunitas ini. “Semakin banyak anggota kan jadi makin banyak yang bisa berkampanye peduli lingkungan, bisa dapet nilai plus pula, karena sepeda Fixie ini kan lagi nge-tren sekarang ini.”

Setali tiga uang, dengan bersepeda, mereka juga mengurangi penggunaan lahan parkir di kampus Universitas Paramadina yang memang relative sempit. Setidaknya, komunitas ini diprakarsai oleh mahasiswa jurusan desain di Universitas Paramadina, yang kemudian disusul oleh mahasiswa-mahasiswa dari jurusan lain, seperti ilmu komunikasi dan lainnya.

***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s