IMAGE


 

Salah satu elemen penting dalam multimedia adalah image/gambar. Dari bahasanya, image berasal dari bahasa Latin imago yang berarti artefak.

Gambar bisa kita artikan dengan representasi visual dari suatu objek, atau bisa juga kita sebut dengan abstraksi pada suatu permukaan, yang memiliki penampilan mirip dengan beberapa subjek-objek biasanya berupa fisik atau seseorang.

Gampangnya, kita sebut gambar itu adalah tiruan dari suatu objek. Objek yang dimaksud sangatlah global, karena cakupan dari gambar sangatlah luas.

Terdapat berbagai macam contoh jenis gambar. Diantaranya, dalam kajian grafis design terdapat pembedaan gambar bitmap dan gambar vector.

Gambar bitmap biasa disebut juga dengan gambar raster, merupakan gambar yang terbentuk dari pixel, dengan setiap pixelnya mempunyai warna tertentu. Gambar bitmap mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya jika gambar bitmap diperbesar contohnya saja 5kali lipat, gambar tersebut akan mengabur karena pixelnya juga jadi bertambah besar sehingga kualitas gambar menurun. Yang perlu dipahami dalam penggunaan gambar bitmap adalah mengenai resolusi dan kedalaman warna. Kita dapat memperoleh gambar bitmap dengan berbagai cara seperti scanner, camera digital, video capture, dan lain sebagainya.

Kemudian gambar vektor, gambar ini bisa dihasilkan dari perhitungan matematis dan tidak berdasarkan pixel. Tidak sama halnya dengan gambar bitmap, gambar vektor cenderung tidak menurun kualitasnya jika gambar diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor biasanya dibuat dengan menggunakan aplikasi-aplikasi gambar vektor seperti corel draw, adobe illustrator, macromedia freehand, autocad, dan sebagainya.

Sedangkan pengertian lain dari image menurut Jessica Helfand adalah kombinasi kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversive atau sesuatu yang mudah diingat.

Sedangkan menurut Danton Sihombing image atau desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, symbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s