KONVERGENSI MEDIA


 

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah mencapai pada kemampuan penggabungan sifat-sifat teknologi konvensional yang bersifat massif dengan teknologi komputer yang bersifat interaktif. Hal ini kemudian disebut orang sebagai konvergensi.

Banyak pengertian atau definisi dari konvergensi itu sendiri, salah satunya dikemukakan oleh Balvanes dan rekan-rekannya yang menyebutkan bahwa “konvergensi itu inisiatif untuk mengumpulkan berbagai jenis media seperti teks, suara, dan video menjadi satu medium”. Pengertian lain, “integrasi telekomunikasi, komunikasi data, komunikasi massa dalam media tunggal” (Jan van Dijk, 2006). Dan “integrasi media massa, computer, dan telekomunikasi” (Straubhaar dan La Rose, 2006)

Inti dari konvergensi itu sendiri adalah digitalisasi, yaitu apapun jenis dan bentuk informasi maupun data diubah dari format analog menjadi format digital, sehingga dikirim dalam satuan bit (binary digit). oleh karena itu konvergensi seolah menjadi pemicu diciptakannya produl-produk yang aplikatif sehingga mampu melakukan fungsi audiovisual sekaligus komputasi sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat konvergensi. Maka tidak akan aneh lagi jika sekarang ini kita menemukan computer dapat difungsikan sebagai berbagai macam media lainnya, seperti televisi, atau telepon genggam yang dapat menerima suara, teks, data ataupun gambar tiga dimensi (3G).

Konvergensi tersebut akhirnya menipiskan perbedaan antar berbagai jenis media yang dulunya memiliki karakteristik berbeda, seperti TV, telepon genggam, dan computer, dan sebagainya sehingga kini media-media tersebut memiliki fungsi yang berdekatan.

Pada dasarnya konvergensi ICT (Information and Communication Technology) di Indonesia sebenarnya sejalan dengan arus perkembangan teknologi dunia yang mulai mengarah pada teknologi pengiriman atau transfer data yang mengutamakan kecepatan dan kemudahan.

Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat semakin tidak bisa memberikan toleransi terhadap penundaan pengiriman informasi, sehingga diciptakanlah berbagai teknologi yang semakin memberikan pelayanan untuk kemudahan dan mempercepat sirkulasi informasi.

Berawal dari munculnya teknologi generasi kedua yaitu GSM yang merupakan salah satu teknologi komunikasi mobile. Teknologi ini merupakan teknologi yang saat ini paling banyak digunakan diberbagai negara. Dalam perkembangannya, GSM telah mampu menyalurkan suara dan data dengan kecepatan yang masih tergolong rendah, yaitu sekitar 9.6 – 14.4 kbps.

Teknologi tersebut kemudian berkembang menjadi GPRS atau General Packet Radio Services, merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk pelayanan data wireless seperti pada wireless internet atai intranet serta pelayanan multimedia. Teknologi tersebut mampu menyalurkan suara dan data dengan lebih cepat dibandingkan dengan GSM, yaitu sekitar 115 kbps. GPRS ini merupakan tambahan pelayanan baru pada network yang telah ada. Dengan GPRS , para operator network GSM dapat memberikan pelayanan kompetitif untuk pertukaran data, sehingga dapat melengkapi jasa pelayanan yang diberikan. Teknologi ini juga akrab dengan masyarakat dengan aplikasinya yang memungkinkan kita untuk melakukan browsing internet melalui telepon selular. Sampai saat ini mayoritas masyarakat lebih memilih menggunakan telepon selular yang memiliki aplikasi tersebut. Selain dapat bertukar data dengan lebih cepat, kita juga bisa mengakses internet dengan lebih mudah tanpa harus direpotkan dengan penggunaan computer terlebih dulu, kemudian baru disambungkan dengan jaringan internet baik yang menggunakan modem, dial up, maupun dengan jaringan LAN (Local Area Network) maupun WAN (Wide Area Network).

Tidak hanya sampai pada fase tersebut, ternyata kebutuhan masyarakat akan kecepatan sistem komunikasi semakin meningkat, sehingga diciptakanlah EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution ) yang mampu menyalurkan data dengan kecepatan mencapai  3 kali lipat dari kecepatan GPRS, yaitu 384 kbps.

Peningkatan teknologi informasi dan komunikasi sampai pada tahap Generasi Ketiga (3G). teknologi ini mampu untuk kegiatan konferensi melalui video, sehingga kita bisa bertatap muka dengan oranf yang berada ditempat yang berbeda dan atau sekalipun dalam jarak yang sangat jauh. 3G merupakan singkatan dari third generation technology yang memiliki nama lain yaitu UMTS. Istilah tersebut lebih umum digunakan mengacu pada perkembangan teknologi telepon nirkabel atau wireless.

Dan perkembangan teknologi informasi saat ini sampai pada tahap WCDMA yang kemudian berkembang lagi pada teknologi HSDPA atau High Speed Downlink Packet Access. HSDPA merupakan teknologi terbaru dalam sistem telekomunikasi bergerak yang dikeluarkan oleh 3GPP Release 5. HSDPA ini juga merupakan teknologi generasi 3,5 (3,5G). Kecepatan transfer data yang ditawarkan oleh teknologi ini tidak main-main yaitu mencapai 10 kali lipat dibandingkan dengan kecepatan dari teknologi 3G atau UMTS.

Konvergensi teknologi telah menjadi perkembangan yang paling penting dalam bidang media dalam beberapa decade terakhir, setidaknya hal tersebut yang dikatakan oleh Everett Dennis KESAWAN Ruben. Sedangkan menurut Edwin Parker konvergensi teknologi akan berimplikasi pada beberapa hal, diantaranya peningkatan jumlah informasi yang tersedia untuk masyarakat luas, peningkatan kemampuan feedback dari masyarakat terhadap informasi yang didapat, dan lain sebagainya.

REFERENSI

Bucy, Erik. (2002). Living in the Information Age : A New Media Reader. Canada : Wadsworth Publishing

Dijk, Jan van. (2006). The Network Society (2nd edition). London : Sage Publications

Flew, Terry. (2005). New Media : An Introduction (2nd edition). Singapore : Oxford University Press

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s