MULTIMEDIA HARDWARE


 

Macintosh >< Windows

Setidaknya ada dua jenis program komputer yang paling sering digunakan dalam bidang multimedia, yaitu komputer dengan program Macintosh dan komputer dengan program Windows. Dalam hal kualitas untuk pengembangan multimedia, komputer Macintosh ini bisa dikatakan lebih unggul dan lebih siap dengan didukung kemampuan grafis dan suara yang mempunyai kualitas tinggi. Lain halnya dengan komputer Macintosh, komputer dengan program Windows bukanlah komputer per set, namun merupakan kumpulan bagian-bagian yang dirangkai dengan basis sistem operasi Windows, sehingga untuk mengembangkan sebuah spesifikasi set agar memungkinkan Windows untuk mendapatkan sentuhan multimedia yang bisa diandalkan maka didirikanlah badan pemasaran PC multimedia. Secara keseluruhan komputer Macintosh masih menduduki tempat setingkat lebih tinggi dibandingkan komputer Windows dalam anggapan masyarakat secara umum.

Input

Terdapat beberapa perangkat input yang umum tersedia pada komputer pribadi seperti trackball yang biasanya terdapat pada laptop portable, touchscreen,magnetic, graphic tablet yang menggunakan pena khusus untuk pengoperasiannya, scanner yang memungkinkan kita untuk membuat gambar elektronik, mouse remote inframerah yang membantu untuk interaksi secara bebas dengan proyek computer, kemudian ada voice recognition dengan fasilitas hands free, dan kamera digital untuk mengambil gambar dengan jumlah resolusi yang dapat disesuaikan dan dapat pula menyimpan gambar pada memori kamera untuk kemudian di unggah ke komputer. Beberapa perangkat tersebut memang belum terlalu akrab dengan masyarakat semua kalangan, namun secara keseluruhan perangkat-perangkat tersebut sudah lazim kita gunakan sehari-hari.

Processing

Proses atau alur yang dilalui dalam penggunakan sebuah perangkat dengan sistem komputerisasi adalah keseluruhan rangkaian kegiatan yang dilalui dengan tahap meng-input data, proses didalam komputer, kemudian output, penyimpanan data, dan yang terakhir adalah pengkomunikasian data tersebut.

Output

Beberapa perangkat output yang sudah tidak asing bagi masyarakat umum antara lain, monitor pada komputer, speaker dengan pelindung magnetic, panel LCD, dan masih banyak perangkat-perangkat lain. Pada umumnya perangkat output antara alat yang menggunakan sistem komputerisasi  itu sama, hanya mungkin bentuk, mutu dan kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan yang berbeda pada setiap alat. Ambil saja laptop pertable dengan kamera digital, keduanya sama-sama menggunakan sistem komputerisasi namun dengan kadar yang berbeda karena kebutuhan setiap perangkat dalam satu alat juga berbeda.

Komunikasi

Perangkat komunikasi yang tersedia pada computer pribadi biasanya menggunakan LAN, yang menghubungkan computer pada jaringan area local, kemudian modem dengan konektivitas saluran telepon standar, ISDN untuk jangka beberapa tahun, modem kabel dengan akses internet yang biasanya lebih cepat dibandingkan dengan modem telepon. Komunikasi yang dimaksud disini adalah komunikasi yang terjalin atau komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas komputer dan dibantu dengan fasilitas internet yang sekarang ini sudah menjamur diberbagai kalangan masyarakat, sehingga terjadi koneksi antara computer satu dengan computer lainnya. Namun untuk hal pengkomunikasian data yang telah mengalami proses dalam sistem komputerisasi tidak hanya dengan menggunakan internet, namun dengan menggunakan cara manual misalnya. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa sekalipun teknologi internet telah merambah hampir semua lapisan masyarakat, namun masih terdapat beberapa kalangan masyarakat yang belum kenal betul dengan teknologi ini. Kemudian pengkomunikasian data yang telah melalui tahap sistem komputerisasi juga tidak selalu bisa disampaikan dengan teknologi internet, terdapat beberapa moment yang memang harus disampaikan secara langsung tanpa harus menggunakan internet, namun secara umum internet memang sudah menjadi alternative utama sebagai sarana pengkomunikasian.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s