Parasocial Interaction


 

Ketika jarak tidak lagi menjadi penghalang dalam berkomunikasi, ketika ruang tidak lagi menjadi penentu, dan ketika jasad tidak harus bertemu untuk berkomunikasi, hal ini akan menimbulkan banyak sekali manfaat atau bahkan kerugian dalam proses komunikasi.

Kali ini saya akan lebih menekankan pembahasan mengenai dampak negative dari komunikasi bermedia, diantaranya adalah  parasocial interaction atau bisa kita sebut dengan sosial yang bersifat semu.

Dalam proses komunikasi terdapat beberapa level komunikasi yaitu dengan menggunakan media tradisional, media baru. Dalam komunikasi yang menggunakan media baru menciptakan interaksi baru. Beberapa medium yang merupakan bagian dalam media baru antara lain facebook, blackberry, dan lainnya. Medium-medium baru tersebut menjadikan komunikasi bermedia seolah bagaikan komunikasi langsung face to face yang akhirnya menghilangkan rasa jauh karena jarak dan sebagainya.

Hal tersebut harusnya dikategorikan sebagai manfaat dari media baru, jika dalam takaran yang normal, namun jika sudah melebihi batas hingga menimbulkan ketergantungan bagi si pengguna yang seolah tidak bisa lepas dari media tersebut, dan sampai mengalihkan fungsi masyarakat yang sebenarnya menjadi bagian hidupnya kemudian menggantikan masyarakat pada dunia yang berada dalam media tersebut sebagai masyarakat “sebenarnya” yang baru, maka hal tersebut sudah tidak sehat dan menjadi bagian dari dampak negative dari komunikasi bermedia.

Ditambah lagi dengan munculnya banyak kasus di masyarakat yang terjadi akibat terlalu menjadikan media baru ini sebagai masyarakat baru yang lebih menarik untuk menjadi tempat bergaul dari masyarakat sosial yang sebenarnya, seperti kasus penculikan anak-anak oleh teman facebooknya, anak yang tidak lagi mau bergaul dengan teman-teman sekolah atau daerah sekitar rumahnya karena lebih memilih bermain dengan teman-temannya di internet, atau ibu-ibu yang lebih memilih bersosialisasi dengan komunitas dalam internet.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s