RECORDINGS


 

Berangkat dari sejarah mengenai recording atau rekaman itu sendiri, mari kita telusuri kisah seputar rekaman.

Pada tahun 1877, Thomas Edison menunjukkan phonograph untuk yang pertama kali, dengan itu dia meramalkan bahwa industry bisnis akan mendapat masalah yang begitu rumit di masa datang. Selang sepuluh tahun berikutnya, yaitu tahun 1887, Emile Berliner mengembangkan gramafon, yang menggantikan Edison silinder dengan cakram datar. Berliner dan Eldridge Johnson menciptakan Victor Talking Machine Company (kemudian menjadi RCA Victor). Tahun 1925, Joseph maxfield menyempurnakan peralatan untuk menghilangkan suara nyaring pada hasil rekaman sebelumnya.

Pada akhir Perang Dunia II, terdapat rekaman yang sttandar dengan 78 rpm (revolusi per menit). Sekalipun begitu masih banyak sekali kekurangan, antara lain setiap lagu terdapat dalam rekaman tidak dapat disatukan atau dalam rekaman yang terpisah, dan lain sebagainya. Kemudian tahun 1940-an, pada masa ini album terdiri dari satu set terikat sepuluh seukuran album foto. Setiap rekaman, dengan satu lagu yang direkam pada setiap sisi, terdapat dalam satu amplop.

Tahun 1943, Ampex mengembangkan tape recorder dan Minnesota Petambangan dan Manufaktur guna menyempurnakan rekaman pita plastik. Tahun 1947, Peter Goldmark menyempurnakan Long-Playing Records. Goldmark membenci suara yang mengganggu saat dia merekam music. Akhirnya dia melakukan banyak perbaikan dan menciptakan Long Playing (LP), yang bisa untuk 23 menit dimainkan.

CBS William Paley mengambil langkah yang cukup beresiko dengan memperkenalkan rekaman permainan yang panjang yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu  33 1/3 rpm. Kemudian Paley memutuskan untuk menghubungi RCA eksekutif, David Sarnoff, untuk meyakinkan Sarnoff untuk membangun kerjasama dengan CBS untuk memproduksi piringan hitam, tetapi Sarnoff menolak dan justru memperkenalkan rekor sendiri yaitu 7-inci, 45 rpm pada tahun 1948.

Stereo muncul pada tahun 1956. Pada saat yang sama, CC menyetujui siaran radio “multiplex” sehingga mono dan stereo bisa terdengar pada stasiun yang sama. Tahun 1958, Motown memperkenalkan rock ‘n’ roll Sound Detroit dari seniman Amerika Afrika. Tahun 1960-an, miniaturisasi dihasilkan dari transistor.

Pada tahun 1979, Sony memperkenalkan walkmansebagai stereo personal. Kemudian tahun 1985, industry rekaman mulai mengkonsolidasikan ke dalam enam perusahaan internasional yang cukup besar.

1999, teknologi MP3 mulai ada dan dianggap sebagai ‘sang pencerah’ dunia permusikan bagi para penikmat music. Karena MP3 memudahkan bagi konsumen untuk men-download file music dari internet. 2001, Napster yang dirancang dan digunakan untuk men-download music di internet mati, setelah Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) menggugat atas pelanggaran hak cipta.

Bisnis dalam Industri Rekaman

Ada beberapa bagian pekerjaan yang terdapat dalam bisnis industri rekaman. Antara lain, Artis dan Repertoar (A&R) bekerja mengembangkan dan mengkoordinasikan bakat-bakat yang terlihat dari para artis. Manajer Operasi, bekerja mengawasi para teknisi suara, musisi, dll. Marketing and Promotion, bertugas untuk mengelola dan menetukan trik trik penjualan hasil rekaman. Bagian distribusi, yaitu yang mengurus pendistribusian hasil rekaman ke toko-toko dan masyarakat luas. Dan bagian Administrasi yang selalu memegang buku keuangan.

Rekaman

Sekitar 5000 perusahaan di Amerika Serikat memproduksi kaset dan CD. Perusahaan-perusahaan ini menjual lebih dari satu miliar rekaman dalam setiap tahunnya. keuntungan indindustrykaman terbesar dibagi di antara empat perusahaan besar yang memegang peranan didalamnya.

ASCAP vs BMI

Selama 3o tahun pertama radio komersial, salah satu alasan yang digunakan penyiar hiburan langsung adalah untuk menghindari pembayaran royalty kepada perusahaan rekaman. Saat ini terdapat dua lembaga perizinan yang menangani hak untuk bermain music dalam siaran, yaitu American Society os Composer, Author and Publisher (ASCAP), didirikan pada tahun 1914, merupakan lembaga lisensi yang pertama. Kemudian tahun 1939, para penyiar bekerja sama membangun wadah koleksi music mereka sendiri yaitu melalui BMI.

Teknologi Mentransformasi Masa Depan

Dewasa ini perusahaan rekaman mengalami kekhawatiran perihal pembajak di Internet yang menyalin music digital yang dapat dikirim melalui internet. Dengan hanya mencari dalam katalog music di internet, pengguna akan dengan mudah menemukan music yang mereka cari lalu kemudian men-downloadnya. Karena begitu digital-nya, music tersedia untuk setiap orang dan dapat dikirim melalui internet di seluruh penjuru dunia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s