Revolusi Sistem Komunikasi


 

Jika kita simpulkan terdapat 3 masa yang bisa mencirikan perubahan era sistem komunikasi, masa Telepon, masa Televisi, kemudian masa Jaringan Komputer. Telepon pertama kali ditemukan pada tahun 1876, dilanjutkan dengan adanya televisi pertama pada tahun 1926, sampai pada komputer  elektronik yang diciptakan pada pertengahan tahun 1940-an. Perubahan demi perubahan terjadi dengan proses yang panjang sampai pada munculnya sebuah revolusi besar pada akhir 1980-an.

 

TELEPON

Sebagai era pertama yang menjadi proses revolusi telepon masih memiliki banyak kekurangan, kemampuan yang lebih rendah pada jaringan telepon untuk layanan komunikasi jarak jauh. Layanan telepon lintas atlantik muncul pertama  kali tahun 1930-an. Namun kemudian tahun 1956, transatlantic kabel telepon pertama kali mengudara dengan kapasitas hanya delapan puluh Sembilan percakapan simultan dalam wilayah Eropa dan Amerika utara. Akhir 1980-an, kapasitas pada rute utama jarak jauh meningkat tajam. Transatlantic kabel fiber optik pertama memiliki kapasitas dengan daya tampung hampir 40.000 percakapan, namun hanya mengudara tahun 1988. Pertumbuhan semakin cepat dengan kapasitas yang direfleksikan dengan tarif. Tahun 1997 telepon telah menjadi mobile. Sekarang, telepon selular merupakan invovasi baru yang paling sukses. Penyebaran telepon selular terus meningkat, tahun 1996 hampir 47% masyarakat menjadi pelanggan telepon selular sehingga memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dari setiap sudut di dunia.

 

TELEVISI

Hanya sekitar 8000 rumah diseluruh belahan dunia yang terdapat televisi pada akhir perang dunia kedua. Namun tahun 1996 meningkat drastic menjadi 840 juta atau hampir 2/3 dari jumlah rumah tangga didunia memiliki televisi. Selama kurun waktu 50 tahun teknologi dasar pada sebuah televise tidak ada yang berubah, namun terjadi revolusi oleh perkembangan satelit komunikasi pada transmisi program. Musim gugur tahun 1963 menjadi awal momentum dimana masyarakat diseluruh dunia menyaksikan suatu peristiwa politik yang berbeda dengan yang terjadi di lapangan untuk yang pertama kalinya. Tahun 1962 diluncurkan Telstar, satelit komunikasi swasta yang pertama, hal ini memungkinkan terjadinya transmisi global dari pemakaman Presiden John F. Kennedy. Tahun 1988, diluncurkanlah satelit internasional pertama sebagai saingan domestic oleh PanAmSat.  Hanya di wilayah Amerika Serikat dan beberapa negara lain terutama sejak tahun 1980-an yang memiliki jaringan televise kabel menggiring mereka benar-benar menonton apa yang menjadi pilihan mereka. Dewasa ini, pilihan semakin berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Menjelang akhir 1980-an, satelit komunikasi mulai disiarkan langsung ke sebuah piringan kecil yang menempel di rumah-rumah masyarakat, sehingga penyebaran televise multichannel menjadi semakin terjangkau. Kemudian pertengahan tahun 1990 kembali muncul perubahan revolusioner yang lain, pihak penyiaran mulai mengirimkan televisi dalam bentuk digital dan tidak lagi analog. Hal ini memberikan peluang lebih banyak terhadap sinyal-sinyal yang akan dikompres, sehingga akan jauh lebih banyak saluran yang dapat diterima, baik dari satelit, melalui kabel, atau bahkan lewat udara. Untuk selanjutkan, ada kemungkinan fasilitas tersebut akan tersedia tanpa biaya tambahan bagi pemirsa.

 

JARINGAN KOMPUTER

paling fresh dari kedua era revolusi komunikasi sebelumnya yaitu computer elektronik yang telah berkembang sangat cepat. Tahun 1943, Thomas Watson seorang pendiri IBM berpikir bahwa terdapat ruang untuk sekitar 5 komputer di pasar dunia. Setidaknya, terdapat dua perubahan penting yang telah terjadi. Pertama, daya komputasi telah tumbuh secara dramatis. Hal ini mengakibatkan computer dapat menjadi miniatur dan masyarakat seolah telah menjadi pelanggan tetap dengan daya komputasi yang tertanam dalam segala hal, mulai dari produk mainan anak-anak sampai peralatan rumah tangga. Kedua, computer semakin terhubung antara satu dengan yang lainnya. Hal ini biasa kita kenal sebagai internet. Pada dasarnya sarana penghubung computer di dunia semakin memperjelas kekuatan luarbiasa dari jaringan computer itu sendiri. Tahun 1965, Moore meramalkan bahwa kekuatan akan berlipat ganda setiap delapan belas bulan sampai dua tahun. Chip 486, standar di computer yang dibeli sekitar tahun 1994, bisa melakukan hingga 54 juta kalkulasi numeric per detik. Kemudian tahun 2006, menurut prakiraan Intel, chip akan menjadi 1000 kali lebih kuat dan memangkas biaya hingga hanya sepersepuluh dari yang sebelumnya yaitu tahun 1996. Tahun 1977, Steven Jobs dan Stephen Wozniak, dua penggemar berat computer muda, meluncurkan Apple II, membuka jalan bagi computer untuk menjadi rumah tangga yang baik. Sekarang, 40% rumah yang ada di Amerika Serikat memiliki computer. Walaupun penggunaan internet tumbuh pesat tahun 1980-an dan awal 1990-an, sebanyak dua kali lipat setiap tahun, namun transformasi sukses menjadi populer mulai tahun 1993-1994. Tahun 1994 barulah jumlah computer komersial yang terhubung ke internet lebih banyak daripada jumlah computer akademik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s