Skenario ‘Film Bodoh’ utk Tugas KAP


  • Tokoh dan Watak
  1. Erni : seorang yang sangat clapto
  2. Luti : gadis yang berlogat Jawa dengan gaya berbicara terbata-bata (gagap)
  3. Wulan : seorang remaja yang pendengarannya terganggu alias bolot dan pelupa
  4. Opi : seorang wanita yang sangat lambat dalam berfikir alias lemot
  5. Vivi : seorang mahasiswa yang cupu dalam berdandan, buta dengan fashion dan sangat gemar membaca buku (kutu buku)
  6. Mitha : seorang yang sangat sentimen kepada semua orang. Kerjaannya selalu marah-marah (sensitif)
  • Dialog

Scene 1 di jalan menuju kampus

Erni, opi, wulan, luti sedang berjalan bersama menuju kampus sambil ngobrol. lalu dari belakang vivi yang sedang naek sepeda dengan kecepatan tinggi lalu menglakson Erni, opi, wulan dan luti supaya minggir.

Vivi : awas awas aku mau lewat (dengan suara keras dan mengklakson)

Opi, Erni dan Luti segera minggir.

Luti : Wulan awas minggir (dengan gaya bicara yang terbata-bata)

Namun wulan ga denger dan wulan pun di tabrak vivi, wulan dan  vivi terjatuh, mereka pun bertengkar di pinggir jalan. Binder dan tas wulan terjatuh

Wulan : adooooooooooh sakit bego! Encok dah nih pinggang gw! (sambil memegang pinggangnya)

Vivi : ih kamu berbicaranya kasar sekali. Aku kan sudah berteriak supaya kamu semua minggir dan aku juga sudah membunyikan klakson sepedaku (dengan sedikit menangis dan muka yang melas)

Wulan : hah lo ngomong apa sih? Bukannya teriak trus bunyiin klakson malah nangis. Sakit nih pinggang gw gara-gara lo! (nada membentak)

Luti dan Opi nyamperin wulan dan vivi sedangkan erni tetap di tempat sambil online facebook

Luti : wulan dia tuh sudah memberitahu kita supaya minggir tapi kamunya aja yang ga denger (dengan bahasa terbata-bata)

Wulan : ih gw ga denger tau, lagian lo bukannya bilangin gw sih jadi sakit dah nih pinggang gw

Opi : kalian kenapa sih? Ada apa sih ini? Ko ribut? Ko vivi nangis? Ko wulan kesakitan?

Wulan : au ah pi lemot banget lo jadi manusia

Vivi : tadi aku menabrak wulan sehingga wulan terjatuh dan pinggangnya terkena stang sepedaku, padahal tadi aku sudah berteriak supaya wulan minggir namun wulan ga mendengarnya huhu (sambil agak menangis)

Opi : oh begitu yaudah kita masuk kampus aja yuk

Luti dan vivi ikut dengan Opi karena dosen kelas pertama sangat disiplin dan jika ada mahasiswa yang telat maka tidak boleh masuk. (rosita tagor-teori dan perspektif komunikasi)

Ketika luti, vivi dan opi masuk kampus erni yang tadinya asik online FB melihat tas wulan yang jatuh, erni yang seorang clapto pun langsung mengambil dan membuka tas wulan lalu mengambil uang yang ada di dompet wulan dan pura-pura mengembalikan tas itu ke wulan. (wulan sedang menunduk merintih kesakitan)

Erni : kamu kenapa wulan? Ini tas sama binder kamu  (dengan suara keras karena sudah tau bahwa wulan itu bolot)

Wulan : makasih ya erni J

Erni : Iya sama-sama

tiba-tiba ada mobil mitha di belakang wulan dan erni yang ingin masuk ke kampus. Mitha membunyikan klakson mobilnya berulang kali. Mitha pun membuka kaca jendela mobilnya.

Mitha : woi awas minggir gw mau lewat! (nada yang keras)

Karena takut dengan mitha erni pun langsung kabur masuk ke kampus. Wulan tetap di tempat sambil memegangi pinggangnya yang sakit. Mitha terus mengklakson wulan yang menghadang jalan mobil untuk lewat. Karena kesal kepada wulan yang ga mau bergeser, mitha pun keluar mobil dan memarahi wulan.

Mitha : heh lo tuh budeg apa bolot sih? Di klaksonin daritadi juga! Bikin gw emosi aja!

Wulan tetap menunduk dan merintih kesakitan. Wulan pun kaget ketika melihat di depannya ada mitha.

Wulan : waduh! (Dengan mimik muka yang sangat terkejut dan langsung bergegas lari)

Mitha : apa lo? Ngalangin jalan aja lo! Pergi sana!

Wulan pun mask kampus lalu mitha juga masuk mobil dan masuk kampus.

Scene 2 usai kelas pertama dan bergegas ke kantin untuk makan

Luti : hey makan yuk laper nih (dengan gaya bicara yang terbata-bata)

Wulan : haduh lapar gw, kita makan yuk

Opi : kalian laper ga? Makan yuk ke kantin

Vivi : kamu ini sama saja semuanya, wulan tuli sedangkan opi lemot huh menurut buku yang aku baca lebih baik kalian terapi saja dengan dokter yang ahli mengatasi penyakit kalian supaya tidak merepotkan orang haha

Luti, vivi, wulan dan opi tertawa namun….

Opi : kita ngetawain apa sih?

Luti : sudahlah lupakan saja, ayo kita ke kantin

Luti, vivi, wulan dan opi bergegas ke kantin. Dan setelah dapet tempat duduk mereka pesan dengan menelpon abang Jack di kantin penjual ayam kremes. Vivi yang menelpon dan memesan makanan (erni sambil datang dan wulan opi luti sibuk FBan)

Erni : hai semua gw gabung ya sama kalian J

vivi yang mewakili lainnya : oh iya tentu saja boleh, dengan senang hati J

Ketika menunggu makanan wulan dan luti ke kamar mandi untuk buang air kecil dan opi ke perpustakaan untuk mengembalikan buku pinjamannya. Di tempat makan itu hanya ada vivi dan erni. Vivi sangat konsen dengan buku bacaannya dan kesempatan itu di gunakan oleh erni untuk memulai aksinya. Tas opi yang menjadi incarannya. Erni pun beraksi mengambil uang yang ada di dompet opi (kasusnya sama seperti wulan). Vivi yang sangat konsen membaca sama sekali tidak berpaling pandangannya dari bukunya dan erni pun berhasil mengambil uang opi.

Scene 2

Slese kelas, luti ngajak makan ke wulan, opi nyamber ngajak makan juga, wulan ngajak mkan juga. Vi2 baca buku.

Scene 3

Mkan, udah pesen, erni dateng, mita dateng duduk deket kita. Pesenan opi sama kaya mita, waktu pesenan dateng mita minta duluan padahal opi dlu yg pesen, opi ga sadar, luti marah trus vi2 blg brdsarkan bku.  wulan+luti ke kamar mandi, vi2 konsen baca buku, opi maen hp erni maen laptop sambil lirak/I nyari barang wat diambil. Wulan dateng keilangan barang Tanya opi dy lemot lg. trus luti bilang yaudah barang gitu doang ko.

Scene 4

Besoknya, kerumah erni. Waktu Sholat, kacamata vi2 dilepas diambil sama erni diumpetin di kamar. Opi ga sholat trus ke kamar ngliat ada barang2 hasil klepto. Opi manggil semua, erni ditanya2in. erni minta maaf. Wulan marah2 diceramahin ma luti. Ahkirnya semua janji wat bantuin erni yar ga klepto lagi.

 

2 responses to “Skenario ‘Film Bodoh’ utk Tugas KAP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s