Tokoh-tokoh Penemu Radio


Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari kegiatan yang lazim kita sebut dengan berkomunikasi, yaitu kegiatan menyampaikan pesan dari orang satu ke orang lainnya dengan melalui media. Media yang digunakan semakin canggih dan semakin memanjakan masyarakat sebagai penggunanya seiring dengan berjalannya waktu. Mulai dari surat kabar yang menuliskan dan mencetak informasi-informasi yang ada, radio yang menambahkan kepraktisannya dengan mengubah informasi tertulis menjadi gelombang-gelombang suara, televisi yang memanjakan dengan suguhan audio serta visualnya dan kemudian ada media internet yang semakin mengalihkan dunia masyarakat kepada dunia maya.

Namun kali hanya ada satu pembahasan yang akan menjadi topik, yaitu mengenai salah satu dari media yang telah kita sebutkan tadi, radio. Untuk lebih memperjelas bahasan, kita persempit lagi topiknya, yaitu tentang tokoh-tokoh penemu radio.

Terdapat banyak sekali tokoh-tokoh yang turut menyumbangkan hasil cemelang kemampuan otaknya untuk  mengembangkan media informasi dan komunikasi, khususnya radio, namun terdapat 3 tokoh luar biasa  yang mempunyai pengaruh yang begitu besar dengan keberadaan radio sehingga bisa kita nikmati hingga saat ini. Mereka adalah Guglielmo Marconi, Reginald Fessenden, dan Lee De Forest. Berikut sekilas tentang diri mereka.

1. Guglielmo Marconi

Seorang pria kelahiran Bologna, Italia pada tanggal 25 April 1874, anak laki-laki kedua dari hasil pernikahan antara Giuseppe Marconi dengan wanita cantik bernama Annie Jameson. Ayahnya  merupakan seorang pria berkebangsaan Italia yang kaya raya dan, ibunya merupakan putri Daphne Jameson Andrew Castle di Country Wexford, Irlandia. Kedua orang tua ini memberinya nama yang akhirnya sampai saat ini banayak dikenal oleh dunia keradioan di seluruh dunia, Guglielmo Marconi. Ia menikah dengan Beatrice O’Brien, putri ke 14 dari Baron Inchiquin. Namun mengalami kegagalan pernikahan mereka yang pertama, mereka tidak awet dalam rumah tangganya dan akhirnya memutuskan untuk bercerai dengan meninggalkan 1 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Kemudian, dia menikah untuk kali keduanya dengan  Maria Cristina Bezzi-Scali pada tanggal 15 Juni 1927 dalam pernikahan yang kedua ini, ia mempunyai seorang anak perempuan yang bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi. Marconi adalah seseorang yang gemar bersepeda, berburu dan otak-arik dunia otomotif.

Ia mendapatkan pendidikan secara pribadi di Bologna, Florence, dan Leghorn. Pada tahun 1895, ia mulai percobaan laboratorium di negara ayahnya, Pontecchino, perkebunan dimana ia berhasil mengirimkan sinyal nirkabel lebih dari jarak satu setengah mil.

Di usianya yang menginjak tahun ke- 20 tahun 1894, Marconi membaca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh fisikawan asal Jerman yang bernama Heinrich Hertz pada tahun-tahun sebelumnya. Hertz berhasil mengirim dan menerima gelombang radio dengan menggunakan gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara. Dari situlah yang pada akhirnya percobaan itu diteruskan oleh Marconi.

Kemudian Marconi meninggal di Roma pada tanggal 20 Juli 1937 dalam usianya yang baru 63tahun.

2. Reginald Fessenden

Seorang berkebangsaan Kanada yang bernama asli Reginald Aubrey Fessenden ini lahir pada 6 Oktober 1866, di Bolton Timur, Quebec, Kanada. Ia merupakan anak tertua dari empat bersaudara hasil pernikahan pasangan Pendeta Joseph Elisa Fessenden dan Clementina Trenholme. Pada 1877, pada usia sebelas tahun, ia masuk Trinity College School di Port Hope, Ontario selama dua tahun. Pada usianya yang keempat belas tahun, Bishop’s College Sekolah di Lennoxville, Quebec Fessenden diberikan penguasaan matematika.. Pada saat ini, Bishop’s College School adalah sekolah pengumpan Bishop’s University dan sama-sama dan gedung-gedung kampus. Pada bulan Juni 1878, memiliki sekolah pendaftaran hanya 43 anak laki-laki. Jadi, Fessenden yang masih seorang remaja, mengajar matematika untuk anak-anak muda di sekolah sambil belajar dengan murid yang lebih tua di Bishop’s University. Pada usia delapan belas tahun, Fessenden kiri Bishop telah diberikan tanpa gelar, meskipun ia telah “secara substansial semua pekerjaan yang diperlukan”.

Dua tahun berikutnya ia bekerja sebagai kepala sekolah, dan satu-satunya guru, di Institut Whitney di Bermuda. Ia menikah pada bulan September, 1890, dan kemudian memiliki seorang putra, yang diberi nama Reginald Fessenden Kennelly. Ia merupakan seorang penemu yang melakukan percobaan perintis di radio, termasuk awal pertama-transmisi suara dan musik. Dalam kariernya kemudian, ia menerima ratusan paten perangkat di bidang-bidang seperti high-powered transmisi, sonar, dan televisi.

Dan akhirnya Fessenden meninggal pada tanggal 22 Juli 1932 pada usianya yang baru 66tahun.

3. Lee De Forest

Seorang berkebangsaan Amerika ini lahir pada tanggal 26 Agustus 1873. Ia adalah putra dari seorang menteri Jemaat. Ayahnya pindah keluarga ke Alabama. Kemudian ia dikucilkan oleh warga masyarakat kulit putih yang membenci ayahnya sebagai bentuk peringatan kepada orang kulit hitam. Ia adalah seorang anak yang menyukai mesin. Ia sering merasa gembira ketika mendengar dari sekian banyak kemajuan teknologi pada akhir abad ke-19.

Ayahnya menginginkan ia bias menjadi seorang yang ahli dalam bidang agama, akan tetapi Lee bersikeras untuk lebih mendalami ilmu pengetahuan. Pada tahun 1893, ia mendaftar di Sekolah Ilmiah Sheffield dari Yale University, dan ia bekerja keras untuk menyelesaikan kuliahnya. Kemudian dengan berbagai macam cara, ia berusaha untuk melanjutkan pendididkannya agar bisa mendapatkan Ph.D. dalam ilmu fisika tahun 1899.

Lee merupakan seorang penemu dengan lebih dari 180 paten terhadap kredit.  De Forest menemukan Audion, sebuah tabung vakum relatif lemah yang membutuhkan listrik sinyal dan menguatkan mereka. . De Forest adalah salah satu ayah dari “umur elektronik”, sebagai membantu mengantar Audion dalam penggunaan luas elektronik . Dia juga dikreditkan dengan salah satu penemuan utama yang membawa gerakan suara ke gambar.

Ia pernah terlibat dalam beberapa tuntutan hukum paten dan sebagian besar pendapatannya habis untuk melunasi tagihan hokum tersebut. Dia pernah empat kali menikah, dan memilki 25 perusahaan. Namun, ia pernah ditipu oleh rekan bisnisnya sendiri, dan ia pernah didakwa untuk surat penipuan, namun kemudian dibebaskan.

Dia adalah seorang anggota piagam Institute of Radio Engineers, salah satu dari dua pendahulu dari IEEE (yang lain adalah American Institute of Electrical Engineers). Kemudian ia meninggal pada tanggal 30 Juni 1961 pada usianya yang menginjak 88tahun.


SUMBER

http://en.wikipedia.org/wiki/Guglielmo_Marconi diakses pada hari senin, 15 Febuari 2010 pukul 15.13 Wib

http://en.wikipedia.org/wiki/Lee_De_Forest diakses pada hari senin, 15 Febuari 2010 pukul 15.45 Wib

http://en.wikipedia.org/wiki/Reginald_Fessenden diakses pada hari senin, 15 Febuari 2010 pukul 16.09 Wib

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s