About Psychology of Communication


  1. Pengertian psikologi

 “ Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pikiran, mental dan perilaku manusia atau jiwa manusia”

“ Sedangkan komunikasi adalah Proses yang dilakukan satu sistem untuk mempegaruhi sistem lain melalui pengaturan signal-signal yang disampaikan”

Elemen: S – C – M – R – E (Schramm) dan dikembangkan

S – C – M – R- E – F – Env (Devitto)

Maka bila digabungkan,

Psikologi Komunikasi mencoba menganalisa seluruh komponen yang terlibat dalam proses komunikasi.

Psikologi melihat pada proses penerimaan pesan, menganalisa faktor2 personal dan situasional (internal&eksternal) yang saling mempengaruhi [Rakhmat, ‘07]

   2. Ruang lingkup psikologi :

–  Komunikasi Intrapersonal

–  Komunikasi Interpersonal

–  Komunikasi Massa

3. Sejarah singkat psikologi :

  • Masa sebelum menjadi ilmu sendiri

Tokoh-tokohnya berasal dari ilmu filsafat dan ilmu faal. Antara lain: Plato, Aristoteles, Rene Descrates

  • Masa sesudah menjadi ilmu sendiri

Tahun 1879, W. Wundt mendirikan laboratorium psikologi untuk bereksperimen. Ia dikenal sebagai aliran strukturlisme (teori yang menguraikan struktur: susunan, komposisi dari jiwa). Aliran fungsionalisme, W.James dan Catttel mempelajari fungsi jiwa dan teknik evaluasi psikologi atau PSIKOTES.

Aliran psikologi Gestalt, berpendapat bahwa gejala kejiwaan (persepsi) harus dilihat sebagai keseluruhan yang utuh, tidak dapat dipecah-pecah, harus dilihat sebagai kesatuan. Tokohnya anatara lain, Kohler, Wertheimer.

Kurt Lewin dengan aliran kognitifnya (perpaduan behaviorime dan Gestalt) Aliran ini menitikberatkan pada sikap, ide, harapan untuk menimbulkan tingkah laku.Tokoh lain: Heider & Festinger. Aliran ini besar pengaruhnya dalam psikologi sosial, khususnya dalam mempelajari hubungan manusia.

Namun, Sigmun Freud, dengan aliran psikoanalisa mengembangkan terapi kejiwaan, yang menyebutkan bahwa alam ketidaksadaran manusia itulah yang menyebabkan konflik kejiwaan. Psikoanalisa menerangkan tidak hanya sesuatu yang terlihat dari luar, namun apa yang ada di dalam ketidaksadaran manusia. Aliran ini besar pengaruhnya dalam perkembangan psikologi sampai

4. Tiga fungsi utama komunikasi :

Pendekatan Psikolog komunikasi yaitu,

1. Menyingkirkan penilaian subyektif, memiliki sikap tidak memihak, meniali secara normatif dan mencari prinsip-prinsip umu atas peristiwa.

2. Ketika merumuskan prinsip umum, psikolog komunikasi harus menguraikan kejadian satu per satu untuk di analisa.

3. Psikolog komunikasi berusaha memahami peristiwa dengan menganalisa keadaan internal individu.misalnya, motif, perasaan, dan lain-lain.

5. Konsepsi Psikologi tentang Manusia

 4 (empat) Pendekatan psikologi terhadap perilaku manusia

  • Pendekatan psikoanalisis [alam bawah sadar- man. berkeinginan]
  • Pendekatan behaviorisme [pasif- yg nampak, bisa diukur]
  • Pendekatan kognitif [aktif- berfikir, belajar]
  • Pendekatan humanistik [pembuktian diri]

Faktor personal dan situasional yang mempengaruhi perilaku manusia

  • Faktor-faktor personal
  1. Faktor biologis (lapar, capek, sakit)
  2. Faktor sosiopsikologis
  • Komponen afektif [emosional]
  • Komponen kognitif [intelektual]
  • Komponen konatif [volisional-kebiasaan & kemauan bertindak]
  • Faktor-faktor situasional
  1. Faktor ekologis (keadaan alam)
  2. Faktor rancangan dan arsitektural (arsitektur lingkungan,ex. Rumah)
  3. Faktor temporal (waktu, ex. 00.01-04.00 fungsi tubuh lemah tp pendengaran tajam)
  4. Suasana perilaku (ex. Pesta, RS, mushola)
  5. Teknologi
  6. Faktor2 sosial ( sistem peran, struktur kelompok, karakteristik populasi)
  7. Lingungan psikososial (persepsi ttg sejauh mana lingkungan memuaskan diri)
  8. Stimuli yang mendorong & pengaruhi perilaku (kendala situasi yang pengaruhi kelayakan utk melakukan perilaku tertentu) 

6. Sistem Komunikasi Intrapersonal

 Proses penerimaan dan pengolahan informasi dalam diri individu

1) Sensasi  : stimuli yang ditangkap & dirasakan oleh alat indera man.

2) Persepsi : pengalaman ttg objek, peristiwa, atau hubungan2 yg diperoleh dengan menyimpulkan sensasi yg dirasakan

3) Perhatian (attention) : proses mental ketika stimuli atau rangkaian stimuli menjadi menonjol dalam kesadaran pada saat stimuli lainnya melemah

  • Eksternal : gerakan,hal yg menonjol, kebaruan
  • Internal : biologis, sosiopsikologis)

4) Memori : sistem kemampuan man. utk mampu merekam fakta ttg dunia & menggunakan pengetahuannya utk membimbing perilakunya

  • Perekaman (encoding)     : pencatatan informasi melalui reseptor indera & sirkit saraf internal
  • Penyimpanan (storage)    : menentukan berapa lama informasi tsb berada beserta kita, dalam bentuk apa, & dimana
  • Pemanggilan (retrieval)    : mengingat kembali, menggunakan kembali informasi yang disimpan

5)  Berpikir : memahami realitas dalam rangka mengambil keputusan

  • Berpikir deduktif : mengambil kesimpulan dari 2 pernyataan, umum (silogisme) ke khusus
  • Berpikir induktif           : mengambil kesimpulan dari khusus ke umum
  • Berpikir evaluatif         : berpikir kritis, menilai baik buruknya, tepat tidaknya suatu gagasan

7. Sistem Komunikasi Interpersonal

Faktor situasional dan personal pada Persepsi Interpersonal

a)     Faktor situasional

  • Deskripsi verbal (rangkaian kata sifat)
  • Petunjuk proksemik (penggunaan jarak dalam penyampaian pesan)
  • Petunjuk kinesik (gerakan spontan, tidak sadar)
  • Petunjuk wajah
  • Petunjuk paralinguistik (lambang2 verbal, tinggi rendah nada, tempo)
  • Petunjuk artifaktual (segala bentuk penampilan fisik)

b)     Faktor personal

  • Pengalaman
  • Motivasi (biologis, ganjaran&hukuman, karakteristik kepribadian, perasaan terancam karena persona stimuli)
  • Kepribadian

Pembentukan dan pengelolaan kesan

  • Stereotyping   : pengalaman2 individu & dirasakan juga oleh orang lain shg menjadikan pola pikir mengenai sesuatu yg sama
  • Implicit personality theory            : memberikan kategori berarti membuat konsep
  • Atribusi
  1. Kausalitas       : mencari tahu penyebab atau alasan seseorang melakukan sesuatu
  1. Kejujuran        : melihat kejujuran orang dengan kata2 yg dia ucapkan_sejauh mana perbedaan dg realitas, keuntungan apa yg didapat dg mengucapkan hal tsb

Proses pengelolaan kesan

Kesulitan membuat pesepsi juga sering timbul karena persona stimuli berusaha menampikan petunjuk2 tertentu untuk menimbulkan kesan tertentupada diri penanggap

Kegiatan kamuflase kepribadian untuk membentuk kesan yang diinginkan

Atraksi dalam komunikasi   :

interpersonal

Meliputi: Pengertian, Faktor-faktor yang mempengaruhi atraksi interpersonal, Teori tentang liking, Pengaruh atraksi personal bagi komunikasi interpersonal

Atribusi

Meliputi: Naïve Psychology, Teori-teori Atribusi, Bias-bias Atribusi, Atribusi tentang diri sendiri

Sistem Komunikasi Interpersonal “Self”

 Meliputi: konsep diri, harga diri, citra diri. Social motivation, social self, self disclosure, needs. 

Sistem Komunikasi Interpersonal

“Hubungan Interpersonal”

 Hubungan Interpersonal

– Jenis Hubungan Interpersonal

– Perkembangan Hubungan

– Pola-pola Relasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s