APLIKASi ‘sistem komunikasi kelompok’ dalam FILM MOTHERHOOD


Layaknya teori dalam system komunikasi kelompok, Eliza, seorang ibu dengan 2 orang anak ini pun menjalani interaksi, berkomunikasi, dan memberikan pengaruh satu sama lain dengan kelompoknya dengan intensitas waktu yang tidak bisa dibilang singkat.

Kelompok yang turut meramaikan kehidupan sehari-hari Eliza terbagi menjadi beberapa klasifikasi. Seperti hubungannya dengan Every, suaminya, merupakan contoh konkret dari klasifikasi kelompok primer, karena dalam hubungan tersebut melibatkan keterkaitan secara emosional antara keduanya. Begitu juga hubungan yang terjalin antara Eliza dengan Sheila, karena merasa sangat akrab mereka pun lebih banyak memberikan cerita-cerita pribadi satu sama lain, sehingga hubungan mereka ini dikategorikan sebagai kelompok primer karena terjalin lebih personal dibandingkan dengan teman yang lain.

Sedangkan untuk kelompok sekunder dapat dicontohkan dengan hubungan Eliza dengan ibu-ibu lain yang sama-sama mengantar anaknya bermain di taman, atau para wanita yang bersama-sama dengan Eliza berbelanja di sebuah toko pakaian yang sedang mengadakan diskon, ataupun ibu-ibu lain yang juga sedang berbelanja di toko mainan anak-anak. Hubungan ini dimasukan kedalam kategori kelompok sekunder karena antara Eliza dan ibu-ibu atau para wanita tersebut tidak terjalin keakraban yang berarti, dan hubungan mereka pun tidak terjalin dengan lebih personal.

Dalam teori ini juga mengenal istilah ingroup dan outgroup. Kelompok primer dan sekunder yang dimiliki Eliza bisa juga disebut dengan ingroup, sedangkan kelompok lain yang dimiliki orang lain bagi Eliza merupakan outgroup.

Kemudian dalam kesehariannya Eliza juga mempunyai sebuah kelompok rujukan sebagai tempatnya berkeluh kesah mengenai segala apa yang dia rasakan dan meminta saran serta menyalurkan hobi untuk menulis sekaligus tempatnya untuk mengukur dan menilai dirinya sendiri apakah sudah benar-benar memiliki sifat Motherhood namun tidak mengabaikan keinginannya untuk tetap menjadi seorang penulis atau belum, yaitu blog The Bjorn Identity.

Klasifikasi kelompok yang lain adalah kelompok keanggotaan. Dulunya Eliza merupakan anggota dari kelompok penulis fiksi yang membuatnya mendapat beasiswa, namun dengan keadaannya sekarang yang sudah terlalu sibuk dengan segala kebutuhan keluarganya, dia pun berhenti menjadi penulis untuk kalangan umum, dan lebih memilih untuk menjadi penulis untuk dirinya pribadi dalam blog yang dia punya. Keanggotaan yang sekarang di ikutinya adalah kelompok orang tua murid disekolah anaknya.

Dalam kategori kelompok deskriptif yaitu yang mengelompokkan kelompok berdasarkan tujuannya terdapat yang disebut dengan kelompok katarsis, yaitu kelompok yang difungsikan sebagai tempat melepaskan perasaan. Kelompok ini di punyai juga oleh Eliza. Dengan blog yang sering dia tulis sebagai tempat mencurahkan keluhannya merupakan contoh dari kelompok katarsis.

Berbagai kelompok yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari ternyata mempunyai perannya tersendiri. Salah satu peran kelompok adalah sebagai identitas bagi anggotanya. Seperti kelompok The Bjorn Identity yang diikuti oleh Eliza, merupakan pengidentitasan diri Eliza sebagai wanita atau ibu yang feminin, karena kelompok tersebut terkenal sebagai kelompok yang memegang prinsip feminisme.

Dalam kelompok tersebut juga terdapat berbagai pengaruh yang terjadi didalamnya. Salah satunya yaitu konformitas. Dalam kelompok ini berpeluang terjadi pengaruh konformitas karena sejumlah anggota kelompok memiliki kecenderungan yang sama, yaitu usia atau status (orang tua). Hal tersebut melibatkan factor personal didalamnya.

Dalam kelompoknya sebagai istri dan orang tua yang dituntut untuk dapat menyelesaikan segala macam masalah yang ada dalam keluarganya termasuk segala kegiatan didalamnya berpeluang menimbulkan polarisasi. Eliza cenderung bersikap ekstreem seperti berteriak dan mengucapkan kata kasar kepada orang lain yang membuatnya kesal saat dia sedang pusing untuk membereskan urusannya, ataupun merokok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s